السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Root Android - Entah kenapa ingin  nulis sesuatu tentang android, kadang diwaktu libur kerja suka ngoprek yang namanya Android. Jadi mungkin bisa dika share pengetahuan yang sedikit dika punya tentang android. Mungkin sebelum mencoba ngoprek-ngoprek lebih jauh si robot ijo pastinya Andro kita harus di root terlebih dahalu. Mungkin ada temen-temen ada yang masih awan dengan yang namanya root. Oke deh mungkin dika akan sedikit membahas tentang Rooting Android.
root android

Rooting
  • Root adalah suatu system  yang mempunyai  kekuasaan penuh dan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem android. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, mendelete, menambah sistem android kita tanpa adanya limit dari sistema android itu sendiri. 
Kelebihan root
  • kita bisa menghapus apps system yang gak kita butuhin tetapi udah di include di hp kita, semisal facebook, maps, dll. kekurangannya sejauh ini tidak ada. Secara umum Root bisa saja menghilangkan garansi. Akan tetapi  sebelum bawa ke Service Center nya, di Unroot terlebih dulu. Karena kadang beberapa SC menolak garansi jika hape android kita sudah dalam keadaan root.
  • Oiya, root tidak serta merta langsung membuat hp kita menjadi lebih berperforma, lebih boros baterai, atau lebih cepat, tetapi root hanya sekedar jalan/pintu sistem android kita. Karena tanpa root kita tidak bebas mengutak-atik Andro.
Root Bikin Performa kenceng dan baterai awet?
  • Seperti yang dika sudah tulis diatas, root cuma sekedar pintu masuk agar kita bisa mengoprek andro, tanpa root proses ngoprek serasa dibatasi. Untuk masalah kenceng bisa kita akali dengan ganti ROM, banyak ko ROM hasil develop dari master-master yang sudah beredar. Tapi ingat sesuaikan jenis/versi ROM dengan HH kita. Dan pastinya HH kita sudah harus ter-root dulu untuk ganti ROM.
  • Kalau untuk menghemat borosnya Android bisa diakali dengan menginstall Aplikasi yang sudah disediakan di Play Store  dari aplikasi yang free sampai yang berbayar. Biasanya aplikasi penghemat baterai ini agar lebih masksimal kegunaanya, Androi kita harus dalam posisi root juga.
Wajib gak sih Root?
  • Kalau dibilang wajib atau tidak sih tergantung pengguna android itu sendiri, kadang ada orang yang sudah suka dengan stock ROM bawaan , ataupun ada juga yang merasa andoid yang masih polos bawaan dari pabrik kurang mantap/lambat/ boros baterai.
cara root
Cara Nge-Root
  • Pasti temen-temen berpikiran bahwa proses rooting ini susah , banyak resiko dan pastinya caranya ribet. Eits, tunggu dulu sekarang ini banyak loh developer yang sudah mengembang aplikasi yang bisa langsung dijalankan dari sistem android ataupun di install di PC/laptop untuk menjalankan proses rooting. Yang caranya tinggal klik-klik doang, jadi deh Android kita dah Root.
  • Untuk sat ini metode rooting android sudah sangat mudah, bisa langsung dari HH /handheld android kita sendiri ataupun Install terlebih dahulu di PC kemudian tinggal colok Hape Android ke Usb tinggal klik tunnggu proses dan tralala Android sukses ter-root.
Next tulisan Insya Allah dika mau bahas beberapa teknik cara untuk melakukan proses rooting , dan pastinya cara yang paling mudah , cepat dan tanpa resiko.... :D



Tulisan Terkait :


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
Andika R. Prasetia★ ANDIKAPRASETIA ★ © 2013. All Rights Reserved
Top