السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat Pagi,..
Kesempatan kali ini dika akan sedikit berbagi informasi terkait adanya Aplikasi baru yang bernama SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual). Sampai dika menulis artikel ini,  di web perbendaharaan.go.id memang belum dilaunching secara resmi. Akan tetapi saat ini Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan sudah mengadakan beberapa workshop, training dan bimtek mengenai Akuntansi Basis Akrual dengan Aplikasi SAIBA.  Yang bertujuan untuk mendukung persiapan penerapan akuntansi basis akrual.

Oke deh, ini dika sertakan beberapa tampilan Aplikasi SAIBA, pasti temen-temen satker yang bertugas sebagai operator Aplikasi SAKPA akan sedikit familiar dengan tampilan Aplikasi SAIBA ini,.. :D


Tampilan Home SAIBA
Tampilan Menu Transaksi SAIBA

Secara interface Aplikasi SAIBA mirip dengan aplikasi SAKPA, jadi buat temen-temen satker yang biasa mengoperasikan aplikasi SAKPA, dika rasa akan cepat beradaptasi dengan Aplikasi SAIBA ini. :)

Buat temen-temen satker yang mungkin penasaran mau mencoba mengoperasikan Aplikasi SAIBA ini, dika juga menyertakan link download aplikasi SAIBA buat pembelajaran dan latihan, mungkin ada temen-temen satker yang belum berkesempatan untuk mengikuti bimtek maupun workshop terkait aplikasi SAIBA ini.

Download Aplikasi SAIBA
Cara Install
  • Silahkan download file Installer Aplikasi SAIBA yang sudah dika sertakan diatas.
  • Kemudian klik kanan Run As Administrator untuk pengguna windows 7 / 8
  • Klik Next, lalu isikan : andikaprasetia.com
  • Tunggu proses instalasi sampai selesai
  • Lalu klik Finish
  • Nanti akan muncul shortcut aplikasi SAIBA otomatis di dekstop
  • Silakan klik 2x untuk memulai Aplikasi SAIBA
Secara default aplikasi SAIBA, bisa digunakan untuk user admin saja, untuk user operator temen-temen satker diharuskan merekam terlebih dahulu. Terkait tutorialnya sudah dika buatkan, silahkan dicek.
Buat temen-temen satker yang mungkin masih bingung terkait aplikasi saiba ini, dika sertakan juga petunjuk untuk mengoperasikan aplikasi saiba.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat temen-temen satker semuanya untuk mendukung persiapan penerapan akuntansi basis akrual.

Keep Share,..
Salam Perbendaharaan,.. :)

Tulisan Terkait :


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
Andika R. Prasetia★ ANDIKAPRASETIA ★ © 2013. All Rights Reserved
Top