السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sebelumnya dika mohon maaf beberapa minggu ini jarang posting di web, dikarekan ada beberapa kesibukan di kantor. Banyak juga pertanyaan yang masuk ke email dika yang belum sempat dika balas, Insya Allah akan dika balas satu persatu. Oke, di tutorial kali ini , dika akan sedikit share bagaimana solusi untuk mengatasi Kuintansi yang tidak muncul saat teman-teman satker melakukan perekaman SPM GUP pada menu RUH Transaksi di Aplikasi Silabi Bendahara Pengeluaran.
Kebetulan semalam sudah ada beberapa teman satker yang mengirimkan Database SAS nya yang bermasalah tidak bisa memunculkan kuitansi ketika melakukan perekaman SPM GUP di Aplikasi Silabi.

kuitansi silabi
Contoh Tampilan saat Rekam SPM GUP yang tidak muncul kuitansinya
Untuk contoh diatas, dika coba mau pake Database yang telah dikirmkan ke email dika dari satker Kanwil DJBC Jakarta. Jadi jika dika lihat permasalahan nya yaitu: SPM GUP no 00032 ketika dilakukan perekaman RUH Transaksi SPM GUP, tetapi kuitansi pembebananya tidak muncul, seperti gambar diatas.
Ini coba dika tampilkan daftar SPM GUP nya:
kuitansi tidak muncul
SPM GUP dengan kode Bpp 001

Setelah kita pilih SPM diatas seharusnya setelah itu muncul daftar kuitansi-kuitansi yang akan kita pilih untuk pembebanan SPM GUP tersebut. Akan tetapi ini tidak muncul satupun kuitansi nya... hehe.. kira2 kabur kemana yah itu kuitansi???

Oke, silahkan lihat lingkaran merah yang dika gambar pada kolom kdbpp > 001 (kode untuk bendahara pembantu), nah setelah dika telusuri ternyata penyebab tidak muncul nya kuitansi karena kdbpp untuk DRPP sama SPM GUP berbeda. Seharusnya di kode BPP DRPP nilainya > 000 , tetapi kode BPP SPM GUP nilainya 001 (lihat gambar diatas). Kemungkinan ketika merekam SPM GUP diatas, pada saat milih supplier kepilih kode bpp yang 001. Jadi SPM GUP yang terekam menggunakan Kode BPP 001.

DRPP nomor 000003 denagn kode Bpp 000

Jadi mungkin teman-teman satker bisa dicek kembali buat yang mengalami masalah tidak munculnya Kuitansi ketika melakukan perekaman SPM GUP seperti contoh gambar diatas.

Solusi Memunculkan Kuitansi
  • Jadi kita akan mengganti Kode BPP untuk SPM GUP diatas, yang semula 001 kita ubah menjadi 000. Caranya gimana?? gampang ko, langsung kita ubah saja pada kolom kdbpp tersebut. Lihat gambar dibawah ini:
  •  Setelah kita ubah menjadi 000 , sekarang kita centang lalu kemudian klik tombol Pilih
  • Dan bimsalabim.... Kuitansi yang sebelumnya tidak muncul akan muncul kembali,.. :)
  • Secara otomatis kuitansi yang tercentang sudah sesuai dengan SPM GUP diatas, jadi kita tak perlu lagi memilih kuitansi nya lagi..
Kuitansi yang tadinya gak muncul, sekarang sudah muncul,.. :)
  • Setelah itu klik Pilih,.. Silahkan lanjutkan seperti perekaman biasanya,.. :)
  • Gambar diatas menunjukan bahwa Perekaman RUH Transaksi  SPM GUP berhasil,.. :)
Mungkin ini sedikit tutorial yang bisa dika share pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman satker yang mengalami kendala tidak munculnya kuitansi ketika melakukan perekaman SPM GUP pada RUH Transaksi Aplikasi Silabi...

Keep Share,..
Salam Perbendaharaan,.. :)


Tulisan Terkait :


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
Andika R. Prasetia★ ANDIKAPRASETIA ★ © 2013. All Rights Reserved
Top