السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

*Tulisan ini sebenarnya sudah dika buat awal tahun 2015, dikarenakan masih ada beberapa pertanyaan dari temen-temen satker, maka dika repost ulang.

Beberapa hari ini muncul pertanyaan email maupun inbox fb dari teman-teman satker yang menyatakan SPM GU Nihil nya ada yang ditolak oleh KPPN, karena menggunakan Sifat Pembayaran 5. Sesuai dengan tutorial dika terkait " Cara Membuat SPM GUP Nihil 2015" ,  dimana dika tuliskan bahwasanya untuk SPM GUP Nihil menggunakan sifat pembayaran 5 (Nihil) . Akan tetapi dika dapat laporan dari beberapa teman satker, SPM nya ditolak KPPN karena menggunakan Sifat Pembayaran 5, Dan di sarankan untuk menggunakan Sifat Pembayaran 3 (Penggantian UP).

sifat Pembayaran SPM GU Nihil

Mungkin dari beberapa teman-teman KPPN  berpedoman pada penjelasan pengisian SPM pada lampiran XIII PMK-190/PMK.05/2012. Pada lampiran XIII dijelaskan bahwa sifat pembayaran SPM diisi 5 Nihil apabila penerbitan SPM tidak menyebabkan selisih belanja dan pendapatan selain SPM GUP-Nihil. Dengan penjelasan tersebut kode sifat pembayaran SPM GUP Nihil tidak mungkin 5. Akhirnya sebagian berpendapat bahwa kode sifat pembayaran diisi 3.

Maka disini dika akan sedikit meluruskan, sebenarnya Kantor Pusat Perbendaharaan telah membuat Surat Penjelasan atas Sifat Pembayaran SPM GU Nihil, yaitu S-3802/PB/2013 perihal penjelasan sifat pembayaran penerbitan SPP dan SPM. Pada surat tersebut meralat penjelasan pada Lampiran XIII PMK-190/PMK.05/2012. Pada Petunjuk pengisian yang semula tertulis "Selain SPM GUP Nihil" diralat menjadi "Selain pertanggungjawaban SPM TUP". Jadi kesimpulannya pengisian sifat pembayaran pada SPM GUP nihil adalah 5
Serta pada surat tersebut disampaikan juga bahwa Pasal 54 PMK-190/PMK.05/2012 hal penerbitan SPP-GUP Nihil yang dijelaskan dengan pengisian format SPP untuk SPP-GUP Nihil sesuai lampiran IV. Pada lampiran IV dijelaskan bahwa untuk SPP-GUP Nihil pada petunjuk pengisian sifat pembayaran SPP harus diisi dengan kode 5 = GUP-Nihil

Buat teman-teman satker ataupun teman-teman KPPN lainnya yang mau membaca Surat terkait Penjelasan Sifat Pemabayaran GUP Nihil silahkan download dari link dibawah :
Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat teman-teman satuan kerja ataupun teman-teman KPPN,
dan tidak rancu lagi untuk menentukan sifat pembayaran untuk SPM GUP Nihil.

Keep Share,,.
Salam Perbendahraan,.. :)


Tulisan Terkait :


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
Andika R. Prasetia★ ANDIKAPRASETIA ★ © 2013. All Rights Reserved
Top